Untuk meningkatkan jumlah penjualan dan menarik minat konsumen lebih banyak salah satu yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan promosi produk. Cara promosi yang digunakan hampir sebagian sebagian besar sebuah perusahaan adalah dengan cara mengiklankan produk mereka baik secara konvensional maupun secara online.
Semakin majunya teknologi saat ini membuat kegiatan marketing semakin lebih mudah, murah dan juga lebih efektif. Dengan melakukan digital marketing, Anda bisa menjangkau konsumen lebih luas dan cepat. Selain itu Anda juga bisa lebih mudah untuk mengontrol proses penjualan dan mengevaluasi kinerja secara real time.
Selain melakukan digital marketing untuk menarik banyak konsumen ternyata ada cara yang promosi lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan branding perusahaan yaitu dengan memberikan atau memberikan souvenir kepada konsumen. Dalam dunia marketing, inovasi juga sangat perlu dilakukan agar konsumen lebih tertarik dan tidak bosan dengan produk yang kita tawarkan.
Mengapa memberikan souvenir dapat meningkatkan branding perusahaan ?
Walaupun saat ini melakukan digital marketing dinilai lebih mudah dan murah, namun yang namanya promosi atau pemasaran tetaplah membutuhkan yang namanya modal. Untuk melakukan pemasaran dengan membagikan souvenir kepada konsumen apakah memerlukan modal besar ?
Untuk memangkas modal tersebut Anda tidak perlu membagikannya ke semua orang. Anda bisa melakukan hal lain untuk mengakali hal tersebut salah satunya dengan mengadakan seminar atau workshop kemudian menyelipkan souvenir tersebut sebagai hadiah atas partisipasinya dalam acara tersebut.
Dari beberapa data yang ada ternyata lebih dari 50 % konsumen menyimpan dan menggunakan produk souvenir dalam kegiatan dan kebutuhan sehari hari mereka. Hal ini membuktikan bahwa selain produk souvenir itu menguntungkan karena bisa digunakan untuk kebutuhan sehari hari. Produk souvenir juga bisa mencerminkan bahwa konsumen percaya dengan kualitas dan kredibilitas sebuah perusahaan walaupun hanya dilihat dari produk souvenir tersebut.
Tentunya untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat produk souvenir yang Anda bagikan harus memiliki kualitas, mutu, yang tinggi serta awet dan tahan lama. Memberikan produk souvenir dengan kualitas dan mutu yang baik serta tahan lama, akan membuat penggunanya mengingat produk atau brand dari perusahaan Anda dalam jangka waktu yang panjang ketimbang melihat iklan yang muncul hanya beberapa detik di HP, TV atau layar monitor komputer Anda.
Memang jika kita membicarakan souvenir yang terlintas di benak kita adalah barang barang yang mungkin bisa dikatakan sekali pakai dan hanya numpang lewat saja. Namun akan berbeda jika perusahaan Anda memberikan produk souvenir yang bermanfaat kepada konsumen. Tentunya konsumen akan senang menerima souvenir tersebut apalagi kalau bisa digunakan untuk kehidupan sehari hari.
Apalagi masyarakat kita senang dengan bonus atau gift unik yang diberikan secara cuma cuma yang diberikan setiap kali melakukan pembelian produk Anda dengan dan melakukan transaksi dengan jumlah tertentu. Memberikan souvenir sebagai cara untuk meningkatkan branding perusahaan setelah mereka membeli produk Anda dengan jumlah tertentu biasa nya akan membuat konsumen lebih senang dan dihargai dan tidak menutup kemungkinan untuk mereka kembali membeli barang dari produk atau brand perusahaan Anda.